Fakta Unik Luar Angkasa Akan Sukses Mencengangkan Siapapun

Fakta Unik Luar Angkasa Akan Sukses Mencengangkan Siapapun

Fakta unik luar angkasa tidak pernah ada habisnya apabila kita ingin mengulasnya panjang lebar sekalipun, karena ia sendiri tidak berujung. Kala menengadahkan kepala ke arah langit sambil menatapnya jauh pada malam hari, hanya kegelapan tak bertepi yang tertangkap oleh penglihatan.

Untuk kebanyakan umat manusia pada umumnya, bisa jadi mereka sama sekali tidak merasa takjub manakala membahas obrolan seputar luar angkasa. Bagi golongan tersebut, luar angkasa terdengar sangat membosankan dan terlalu misterius sehinga topiknya bisa berkembang liar bagaikan bola panas.

Fakta Unik Luar Angkasa Serta Menakjubkan Terkait Penjelajahan Mengenainya

Jikalau kalian mengira bahwa luar angkasa merupakan ruangan berukuran mega hyper raksasa tanpa ada penerangan di dalamnya, itu salah besar. Makanya coba sesekali mampir ke channel Youtube Insider, supaya kalian mengetahui fakta unik luar angkasa sebenarnya begitu menakjubkan! Apa saja yang ada di sana?

  1. Benda Penerang Pada Mars Bercahaya Biru

Benda Penerang Pada Mars Bercahaya Biru

Kita seumur hidup hanya mengetahui bahwasanya matahari pastilah cahayanya berwarna kuning terang menyilaukan kedua bola mata jika terpapar secara langsung. Namun akan berbeda kisahnya apabila kalian suatu hari nanti mengunjungi Mars, karena benda penerang matahari serupa menyinari Mars dengan warna biru.

Hal tersebut dapat terjadi bukan karena matahari pilih kasih, melainkan susunan atmosfer pada Mars terdiri dari berbagai komposisi. Kemungkinan besar, debu mengambang di udara bebas Mars mengandung partikel tertentu sehingga pantulan cahayanya menjadi memantulkan warna biru.

  1. Bumi Terselimuti Limbah Sampah

Bumi Terselimuti Limbah Sampah

Betapa mengerikannya jika mengetahui bahwa manusia merupakan makhluk perusak paling akut dan cuek sejauh alam semesta terhampar. Pasalnya, kita pun turut memberi sumbangan serta kontribusi dalam rangka mengotori planet bumi tempat lahan beranak cucu sekaligus bertempat tinggal.

Mengapa bisa sampai ada sampah melayang mengorbit bumi, bahkan jumlahnya cukup mengejutkan saking banyaknya kotoran bergerak mengelilingi planet ini. Mereka berasal dari reruntuhan pelepasan roket, serta rongsokan satelit yang telah berhenti beroperasi, paling banyak milik Amerika Serikat mencapai empat ribuan.

  1. Tapak Kaki Astronot Di Bulan Tertinggal Sampai Ratusan Juta Tahun

Tapak Kaki Astronot Di Bulan Tertinggal Sampai Ratusan Juta Tahun

Bulan memiliki kondisi lingkungan yang perbedaannya jauh sekali apabila membandingkannya secara ‘head to head’ dengan bumi kita tercinta ini. Ketiadaan atmosfer pada permukaan bulan membuat keberadaan pergerakan angin pun ikut absen dari susunan udara bebas si bulan.

Selain daripada itu, karakteristik bulan juga ia mengalami proses pengikisan begitu lambat, hanya berkecepatan 0,04 inch per satu juta tahun lamanya. Makanya, sudah dapat dipastikan bahwa setiap tapak kaki para astronot yang pernah bertandang ke bulan pastilah akan tertinggal ratusan juta tahun.

  1. Venus Hanya Memiliki 225 Hari Setahun Daripada Bumi

Venus Hanya Memiliki 225 Hari Setahun Daripada Bumi

Walaupun ia sempat menerima gelar kehormatan sebagai saudara kembar planet bumi, nyatanya Venus punya sejumlah perbedaan mendasar serta signifikan. Satu dari sekian banyak faktor berbeda tersebut yaitu terjadinya diferensiasi pada pergerakan porosnya sehingga tidak pernah bisa mengimbangi kecepatan bumi.

Ketahuilah bahwa sejatinya planet Venus memutar pada titik pusatnya lebih lambat daripada siput, makanya 24 jam di Venus setara 243 hari bumi. Namun karena ia paling ke matahari, maka satu tahun pada Venus kurang lebih serupa kira-kira 225 hari dalam bumi.

  1. Kita Hanya Punya 15 Detik Kehidupan Jika Melayang Di Luar Angkasa

Kita Hanya Punya 15 Detik Kehidupan Jika Melayang Di Luar Angkasa

Kalau menjadi penduduk bumi, enaknya yaitu kita bebas mau mengenakan pakaian apa saja tanpa perlu khawatir efek samping karenanya. Sayang sekali, bagi para astronot hal tersebut tidak akan pernah terjadi, pasalnya mereka wajib mengenakan pakaian spesial jika ingin hidup.

Pada luar angkasa, ia tidak pernah mengenal akan adanya hukum tekanan sehingga organ paru-paru kita bisa terus mengembang tanpa henti. Paparan radiasi dari cahaya matahari tanpa perlindungan atmosfer akan mendidihkan suhu darah, sampai akhirnya pembuluh manusia meletus dan menyebabkan kematian.

  1. Galaksi Bima Sakti Memiliki Kumpulan Lubang Hitam Pada Pusatnya

Galaksi Bima Sakti Memiliki Kumpulan Lubang Hitam Pada Pusatnya

Pusat paling tengah pada galaksi Bima Sakti bersinar paling terang, namun kita keliru total jika mengira bahwa isinya merupakan bintang raksasa. Jauh tersembunyi di inti galaksi, tersimpan ribuan lubang hitam yang masih aktif dan siap menyedot apapun benda terdekat darinya.

  1. Mars Punya Gunung Api Tertinggi Se-Tata Surya

Mars Punya Gunung Api Tertinggi Se-Tata Surya

Dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam, kita mendapat informasi bahwa Everest merupakan gunung tertinggi di bumi berasal dari pegunungan Himalaya. Siapa sangka, Mars punya Olympus Mons sebagai gunung dengan tinggi sekitar tiga kali lipat daripada Everest, menjadikannya tertinggi setata surya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *