Gas fosfin telah ditemukan di ombak Venus yang mungkin dibuat oleh mikroorganisme.

Para peneliti telah membedakan fosfin di Venus. Di planet ini, gas ini dibuat oleh organisme yang hidup tanpa kondisi oksigen.

Ini menyiratkan kemungkinan besar kita telah melacak tanda-tanda makhluk hidup di ombak planet tetangga kita.

Suhu di lapisan terluar Venus luar biasa panas, dan tidak ada kehidupan yang dapat terjadi di sana.

Bagaimanapun, diperkirakan planet ini dulunya lebih dingin dan lebih basah, dengan kondisi yang memungkinkan kehidupan dimulai lebih lama lagi tanpa masalah.

Kemungkinan Tanda-Tanda Kehidupan Ditemukan Di Venus

Para peneliti menemukan gas fosfin dalam kabut asam yang melayang di atas planet ini. Ini adalah iklim berangin yang brutal, namun ketegangannya seperti di permukaan bumi.

Kabut juga memiliki area dengan suhu yang nyaman selamanya, jadi sebelumnya disarankan untuk menjadi lingkungan tempat tinggal.

Analis telah menggunakan teleskop untuk mencari bukti fosfin dalam kabut Venus mulai sekitar tahun 2016.

Prof Sara Seager, peneliti planet https://esports-indonesia.com/ di Massachusetts Foundation of Innovation dan co-creator pada tinjauan baru, berhati-hati untuk menggarisbawahi bahwa ini belum menjadi bukti kehidupan yang menentukan.

Menurutnya, ‘Kami tidak mengaku telah melacak kehidupan di Venus. Kami menjamin pengakuan tertentu atas gas fosfin yang keberadaannya dirahasiakan.’

Gunung berapi dapat menghasilkan fosfin, namun jumlahnya sangat kecil – jelas bukan jumlah yang dibedakan oleh para peneliti. Mereka juga mengecualikan hal-hal seperti melonggarkan dan menembak bintang.

Analis memiliki kesempatan lain – bahwa bentuk kehidupan kecil itu penuh perhatian.

Menurut sara, ‘Kami berharap pekerjaan kami akan membangkitkan misi luar angkasa yang pergi ke Venus dan secara langsung mengukur gas di lingkungan. Orang-orang sudah lama menebak tentang keberadaan di lingkungan Venus.

‘Mungkin kehidupan dimulai di masa lalu ketika Venus lebih dingin, dengan lautan air yang cair.

‘Saat Venus menghangat, lautan menghilang dan permukaannya menjadi panas sampai-sampai kehidupan apa pun akan terbunuh, bagaimanapun kehidupan apa pun di dalam kabut akan terjadi.’

Bumi juga memiliki kehidupan dalam kabutnya, dibersihkan dari permukaan. Organisme mikroskopis hidup dalam butiran air cair, yang kemudian turun ke planet ini.

Kabut bumi tidak bertahan dengan baik sebelum turun hujan, namun di Venus kabutnya tahan lama. Bagaimanapun, udara Venus sangat keras sehingga sulit untuk secara langsung membandingkannya dengan Bumi.

Fosfin adalah gas beracun, suram, busuk dengan aroma yang sering dibandingkan dengan ikan busuk dan bawang putih.

Di Bumi, fosfin diproduksi oleh mikroorganisme, tetapi kita tidak tahu pasti makhluk mana yang melepaskannya. Biasanya ditemukan dalam kondisi tanpa oksigen, di mana hanya jenis mikroba tertentu yang bertahan.

Para sarjana belum mengetahui cara biokimia spesifik yang menghasilkan gas, bahkan di planet ini.